Jumat, 14 Maret 2014

Tugas 1 (Etika & Profesionalisme)

Pengertian. 
Etika merupakan suatu nilai-nilai perilaku yang di tunjukan oleh seseorang atau sebuah organisasi dala,imteraksi terhadap lingkungannya. contohnya adalah ketika seseorang bercucap dan bertuturkata saat berbicara kepada oran lain dengan sopan dan santun itu bukti bahwa orang tersebut memiliki etika yang baik saat berbicara terhadap orang lain.

Moral adalah semangat atau sebuah dorongan dalam diri seseorang dalam melakukan suatu tindakan, dan contohnya adalah perilaku seseorang dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan norma-norma dan sopan santun.

Nilai merupakan hal-hal yang dapat diterima atau tidaknya diterima oleh masyarakat atau lingkungan luar, namun semua tergantung dari sudut pandang masyarakat atau individu tersebut .
 
Norma adalah patokan bagi seseorang untuk berperilaku dalam masyarakat atau lingkungan luar.
 
Prinsip Etika.
1.Prinsip Keindahan : Prinsip ini mendasari segala sesuatu yang mencakup penikmatan rasa senang terhadap keindahan, Misalnya dalam berpakaian, penataan ruang, dan sebagainya .
 
2. Prinsip Kebaikan : Prinsip ini mendasari perilaku individu untuk selalu berupaya berbuatkebaikan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Prinsip ini biasanya berkenaan dengan nilai-nilai kemanusiaan seperti hormat menghormati, kasih sayang, membantu orang lain, dan sebagainya.
 
3. Prinsip Kebebasan : Kebebasan dapat diartikan sebagai keleluasaan individu untuk bertindak atau tidak bertindak sesuai dengan pilihannya sendiri. Dalam prinsip kehidupan dan hak asasi manusia, setiap manusia mempunyai hak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya sendiri sepanjang tidak merugikan atau mengganggu hak-hak orang lain.
 
4. Prinsip Kebebasan : Kebebasan dapat diartikan sebagai keleluasaan individu untuk bertindak atau tidak bertindak sesuai dengan pilihannya sendiri. Dalam prinsip kehidupan dan hak asasi manusia, setiap manusia mempunyai hak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya sendiri sepanjang tidak merugikan atau mengganggu hak-hak orang lain.
 
Macam-macam Etika.
Etika Umum: berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
 
 Etika Khusus: merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus.
 
Etika Profesi memiliki kepribadian yang tangguh yang bercirikan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri. Memiliki wawasan kependidikan, psikologi, budaya peserta didik dan lingkungan.  
 
Etika Profesi.
  1. Memiliki kepribadian yang tangguh yang bercirikan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri. 
  2.  Memiliki wawasan kependidikan, psikologi,  budaya peserta didik dan lingkungan
  3. Mampu melaksanakan praktik bimbingan dan konseling secara professional. 
  4. Mampu memecahkan berbagai persoalan yang menyangkut bimbingan konseling. 
  5. Mampu mengembangkan dan mempraktekkan kerja sama dalam bidangnya dengan pihak terkait. 
  6. Memiliki wawasan psiko-sosial kependidikan dan kemampuan memberdayakan warga belajar dalam konteks lingkungannya. 
  7. Memiliki pengetahuan tentang hakikat, tujuan, prinsip evaluasi pendidikan.
 


0 komentar:

Poskan Komentar