Minggu, 20 Februari 2011

TUGAS 1K (Soal Kamis Pertama)

KODE SOAL: k1
Jawablah pertanyaan berikut :

1.Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?

Manajemen adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer untuk mengatur dan mengambil suatu keputusan guna memecahkan suatu masalah demi mencapai suatu tujuan.
kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni yang melaksanakan, mengatur dan mengawasi.dan usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.



2.Sebutkan dan Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen?

Planning (perencanaan) : 
Berpikir, menduga, menentukan prioritas, kegiatan bersifat non fisik diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi.

Organizing (pengorganisasian) : 
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif.

Motivating (motivasi) :
Membina, mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau jasmaniah. Rohaniah: Kenaikan pangkat, Pendidikan dan pengembangan karir, pemberian cuti, penambahan pengalaman, penelenggaraan human relation dengan tepat Jasmaniah: Sistem Upah gaji yang menggairahkan, pemberian tunjangan, distribusi sandang pangan, penyediaan fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan kesehatan.

Controlling (pengendalian): 
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan, evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dijalankan, seberapa besar sumber dimanfaatkan setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi, apa yang harus dilakukan selanjutnya.



3.Sebutkan Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode:

• Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)
• Uang atau Biaya (Money)
• Bahan-bahan atau Material (Materials)
• Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)

Sumber-sumber diatas menurut George R Terry disebut 6M (the six M’s in management) dengan menambah 2 sumber lagi:
- Tata kerja (Methods)
- Pasar (Market)
Dalam kegitan manajemen ke-6 sumber diatas mutlak diperlukan tetapi dalam sudut pandang O & M, Methods & Market tidak disebut sebagai sumber. Metode hanyalah cara yang dipergunakan sedangkan market adalah wahana untuk memperluas sasaran kegiatan.





4.Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan, jelaskan menurut pendapat saudara!

Tentu ada kaitannya, karena antara menejemen organisasi dan metode saling berhubungan satu dengan lainnya guna mencapai tujuan tertuntu.
Hubungan metode dengan manajemen yaitu metode merupakan sub dari manajemen karena sebagian besar rancangan manajemen merupakan metode (gagasan yang diimplementasikan/dipraktikan dalam kehidupan nyata), Manajemen tanpa metode hanya laha sebuh gagasan yanag tidak bentuk, jadi sebuah gagasan yang baik, memiliki azas-azas metode, dengan memenuhi azas tersebut.
contoh metode: metode pertanian, metode pemasaran, metode kepeminpine, dengan kata lain metode adalah suatu gagsan yang terstruktur dalam suatu bidanag yanag merupakan sub dari kegiatan suatu organisasi.

0 komentar:

Poskan Komentar