Senin, 17 Oktober 2011

BEBERAPA PENGATURAN KAMERA PADA PONSEL NOKIA S60V3


Bila anda yang biasanya asal memotret, sekarang cobalah untuk melihat pengaturan-pengaturan yang disediakan nokia ber-OS symbian seri s60v3 atau v5. Saya akan memberikan screenshot-screenshot dan pengaturan-pengaturan yang ada pada ponsel N79 (karena itu ponsel saya :D).

Nah, ini adalah tampilan awal ketika kita membuka kamera (toolbar saya sesuaikan sendiri). Ada kamera nokia yang memunculkan semua toolbar (tidak bisa diatur sesuai keinginan), dan ada juga yang bisa di atur sesuai keinginan kita (bisa dimunculkan dan tidak), seperti n79 saya ini :D. Bila ponsel anda sama seperti milik saya ini dan toolbar yang ada di sebelah kanan sedikit, anda bisa mengubahnya melalui cara berikut ini ::

Options -> Customise toolbar
 Maka akan muncul tampilan seperti ini ...
 Nah, disinlah tempat untuk menambah dan menghapus toolbar-toolbar sesuai keinginan anda. Gampang saja, bila anda mau menambahkan toolbar, klik "Add Shortcut".
Untuk menghapusnya, anda klik tombol "c" atau clear pada ponsel nokia anda.
Untuk memindah letak toolbar, arahkan kursor anda ke toolbar yang ingin dipindah, lalu klik tombol Options --> Move up/down.

Sekarang, saya akan menjelaskan satu per satu guna toolbar-toolbar yang disediakan oleh nokia ::
1. Video mode/Image mode : Untuk mengganti modus foto atau modus video
2. Scene modes : Untuk memilih modus-modus kamera yang tepat sesuai dengan pemandangan sekitar.

a. Auto : Semua diatur auto oleh kamerab. User Defined : Pengaturan ini digunakan untuk menyimpan pengaturan kamera sesuai keinginan kita
Based on scene mode : Berdasarkan dari modus pemandangan apa? Jadi, pengaturan awal yang berasal dari modus apa? Misalnya : Modus Auto, Night, Sports, Night, dan sebagainya.c. Close-up : Modus ini digunakan untuk membidik pada jarak dekat. Gunakan modus ini untuk hasil yang lebih jelas pada saat anda membidik sesuatu yang jaraknya dekat dari kamera (10 cm atau lebih)d. Potrait : Modus ini dikhususkan untuk memotret seseorang (setengah badan).e. Landscape : Modus ini baik untuk memotret pemandangan. Tetapi menurut saya, saya kurang suka dengan pengaturan ini, karena ketajaman gambar ditingkatkan dan itu akan membuat gambar terlalu tajam)f. Sports : Modus ini dikhususkan untuk menangkap gambar yang bergerak cepat.Penangkapan gambar ditingkatkan, kualitas gambar diturunkan.
g. Night : Modus ini digunakan pada ruangan yang cahayanya kurang. Modus ini adalah kebalikan dari modus "Sports". Penangkapan gambar diturunkan, kualitas gambar ditingkatkan.
h. Night Potrait : Modus ini merupakan gabungan dari dua modus, yaitu : modus Potraitdan Night.

3. Flash : Memungkinkan flash akan diatur otomatis, on, off, atau red-eye sesuai keinginan anda
  
4. White Balance : Untuk menentukan keseimbangan cahaya yang benar agar gambar terlihat lebih hidup (Misalnya : Pada kondisi outdoor yang cerah, lebih baik gunakan White Balance Cloudy atau Sunny. Untuk indoor biasanya Flourescent atau Incandescent. Tetapi disarankan saja pengaturan ini diatur Auto saja.[Baca selengkapnya tentang White Balance...]  

5. Exposure Compensation : Pengaturan ini digunakan untuk menerangkan atau menggelapkan gambar. Misalnya : Menurut anda, gambar yang ada di tampilan gelap, anda dapat menerangkannya dengan pengaturan ini. Tetapi sebaiknya jangan terlalu tinggi/rendah, karena pengaturan ini sangat mempengaruhi kualitas foto.

6. ISO Sensitivity : Pengaturan ini penting untuk mengatur kepekaan cahaya yang benar untuk kondisi pencahayaan saat itu. Auto : Kamera akan menentukan ISO secara otomatis. Low : Pilih pengaturan ini untuk kondisi cahaya yang terang.Medium : Pilih pengaturan ini untuk kondisi cahaya yang agak kurang terang / kondisi dalam ruangan dan menggunakan Flash. High : Pilih pengaturan ini dalam cahaya yang kurang terang dan untuk menangkap gambar pada kondisi cahaya yang terang. [Baca selengkapnya tentang pengertian ISO...]

7. Self-timer : Digunakan untuk memberi timer sebelum mengambil gambar.
8. Sequence mode : Pengaturan ini digunakan untuk mengambil beberapa gambar dalam waktu yang berbeda-beda. Misalnya : Saya memilih sequence mode pada 10 detik, kamera akan memotret tiap 10 detik sampai memori habis.


9. Sharpness : Digunakan untuk mengubah ketajaman gambar.

10. Colour tone : Pengaturan ini berisi efek-efek yang mengubah warna.

11. Go to photos/gallery : Untuk menuju galeri foto/video


Sekian.
Semoga dengan adanya artikel ini, anda lebih mengerti tentang pengaturan-pengaturan kamera pada ponsel nokia anda =)

sumber : j4sharing.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar